• Senin, 15 Agustus 2022

Aksi MENDEM EBEG Kesenian Tradisi Kuda Lumping Memikat Warga Babakansari Pataruman Kota Banjar

- Selasa, 29 Maret 2022 | 07:37 WIB
Kesenian Kuda Lumping Masih Dilestarikan di Babakansari Pataruman (Dok. Geri)
Kesenian Kuda Lumping Masih Dilestarikan di Babakansari Pataruman (Dok. Geri)

RAKYAT PRIANGAN- Ratusan warga antusias menyaksikan tarian magis kuda lumping yang digelar di Babakansari, Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat. 

Warga sangat tertarik pada saat salah satu penari kuda lumping MENDEM hingga menambah ketegangan suasana pada saat menonton pertunjukan kesenian yang masih aksis keberadaannya di Kota Banjar

Pada saat MENDEM tak sedikit, penonton ikut hanyut pada suasana tersebut. Ya, inilah kekhasan dari EBEG atau kesenian kuda lumping khasanah kebudayaan nusantara. 

Seiring dengan perkembangan zaman yang terus menggerus eksistensi budaya lokal, Pemuda Karang Taruna RW. 010 Babakansari Pataruman Kota Banjar menginisiasi kegiatan kesenian.

Baca Juga: Tradisi NGIKIS Budaya Rakyat Sunda dalam Menyambut Bulan Ramadhan Bertahan Ditengah Modernisasi

Kegiatan kesenian tersebut memiliki tujuan yakni berbagi kegembiraan bersama warga lingkungan Babakansari Dobo Pataruman melalui pagelaran seni kuda lumping atau dikenal dengan istilah "EBEG", Minggu, 27 Maret 2022.

Hiburan rakyat kebanggaan warga masyarakat Kota Banjar ini mampu menyedot perhatian kawanan EBEGERS sebutan penggemar EBEG kekinian baik warga masyarakat Kota Banjar ataupun dari warga luar Kota Banjar yang sekedar hanya ingin menyaksikan atraksi MENDEM para pemain kuda lumping yang sesekali mereka juga terbawa suasana mistis hingga pada akhirnya EBEGERS tersebut pun ikut MENDEM.

Kelompok seni kuda lumping Cipta Jaya Putra ini salah satu kelompok seni kuda lumping yang lahir dari Babakansari Pataruman.

Nama kelompok seni ini sudah populer dan tak asing ditelinga para EBEGERS dan terbilang sudah lama berdiri dan malang melintang di dunia kesenian tradisional.

Baca Juga: Sebut Kampung Pancasila, Pangdam V/Brawijaya Siap Lakukan Perintah Panglima

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bhisma Anak Gangga dan Sumpah Wadat Sang Pewaris Tahta

Kamis, 10 Februari 2022 | 05:32 WIB

Rahwana: Kisah Cinta Sejati Yang Mencintai Tanpa Tapi

Selasa, 8 Februari 2022 | 21:37 WIB
X