• Senin, 4 Juli 2022

PPSI Kabupaten Ciamis Resmi Dilantik, Simak Pernyataan Ketua Umum Abah Iman Purba

- Senin, 17 Januari 2022 | 11:36 WIB
Perjuang Pencak Silat Tradisi di Bumi Tatar Galuh Ciamis (Dok. PPSI Kabupaten Ciamis)
Perjuang Pencak Silat Tradisi di Bumi Tatar Galuh Ciamis (Dok. PPSI Kabupaten Ciamis)

 

RAKYAT PRIANGAN- Ketua Umum DPD PPSI Kabupaten Ciamis, Imanuel Yahya mengatakan ada kebanggaan dengan berdiri kembali PPSI di Ciamis

Menurut Abah Iman Purba sapaan akrabnya Guru Besar Pedepokan Purbawisesa bahwa berdirinya PPSI di Ciamis saat ini bukan milik pengurus DPD melainkan milik seluruh paguron pencak silat di bumi Tatar Galuh Ciamis.

"Yang dilantik secara simbol adalah pengurus tetapi yang dilantik adalah seluruh paguron pencak silat di seluruh Tatar Galuh Ciamis," ungkap dia, Sabtu, 15 Januari 2022.

Baca Juga: PPSI Kabupaten Ciamis Spirit Kebangkitan Pencak Silat di Indonesia, Ini Harapan Tokoh Pemuda Ciamis

Ia bercerita bagaimana dirinya mencari dan mendata perguruan pencak silat di pelosok Ciamis. Bahkan ada perguruan yang hampir tidak dilanjutkan kembali karena banyak faktor.

Sehingga dirinya akan terus melakukan pendataan. Sementara tercatat sedikitnya ada 38 perguruan pencak silat di Kabupaten Ciamis dan dirinya mengungkapkan masih banyak lagi yang belum tersentuh dan terdata. 

"Dulu ada 300 perguruan pencak silat tradisi. Dan saat ini masih terus ditelusuri dan didata oleh kami melalui PPSI," terang dia.

Ia menyampaikan bahwa pelantikan DPD PPSI Kabupaten Ciamis Masa Bakti 2022-2026 bukan melantik dirinya sebagai ketua akan tetapi acara tersebut merupakan hajat bersama seluruh perguruan pencak silat di Tatar Galuh.

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bhisma Anak Gangga dan Sumpah Wadat Sang Pewaris Tahta

Kamis, 10 Februari 2022 | 05:32 WIB

Rahwana: Kisah Cinta Sejati Yang Mencintai Tanpa Tapi

Selasa, 8 Februari 2022 | 21:37 WIB
X