• Senin, 4 Juli 2022

Beginilah Hikayat Tentang Asal usul Tanah Jawa dan Syaikh Subakir di Gunung Tidar Magelang

- Selasa, 12 April 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi Syekh Subakir (Instagram @sitisadiah785)
Ilustrasi Syekh Subakir (Instagram @sitisadiah785)

RAKYAT PRIANGAN- Sebuah hikayat yang berkembang di tanah Jawa mengenai asal usul tanah Jawa.

Konon, pada awal penciptaan, tanah Jawa awalnya mengambang diatas air, sering bergerak kesana kemari, oleh karena itu supaya ajeg, sang Pencipta menancapkan paku alam di tengah-tengah tanah Jawa, itulah yang sekarang dinamakan gunung Tidar.

Gunung yang berbentuk menyerupai paku ini berlokasi di Kota Magelang Jawa Tengah.

Sehingga gunung Tidar menyimpan sebuah legenda yang terkenal dan berkembang secara turun temurun di masyarakat Jawa maupun luar Jawa.

Ialah tentang kisah para Wali yang diutus oleh Sultan Muhammad Al-Fatih dari Turki pada abad ke 14 ke Nusantara.

Jawa sebelum Islam hadir dan berkembang adalah sebuah daerah yang didominasi oleh hutan belantara yang sangat angker, diisi oleh bangsa jin, setan dan lelembut.

Usaha Islamisasi yang dilakukan oleh ulama utusan khalifah sering mengalami kegagalan yang berujung dengan kematian sang ulama, sampai akhir Sultan Muhammad I mengutus Syekh Tambuh Aly bin Syekh Baqir atau orang Jawa menyebutkan Syaikh Subakir asal Iran Persia.

Syaikh Subakir ini memiliki keahlian dalam meruqyah dengan izin Allah beliau mampu menghadapi gangguan setan dan jin.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Syaikh Subakir menanam pusaka Aji Kalacakra di beberapa titik di seantero pulau Jawa, salah satunya di gunung Tidar, kekuatan suci dari Pusaka tersebut menyebabkan para lelembut bergejolak, maka keluarlah ketua para jin danyang gunung Tidar yaitu Ki Semar Badranaya.

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X