• Senin, 15 Agustus 2022

Beginilah Kisah Detik-detik Syahidnya Utsman bin Affan yang Perlu Umat Muslim Tahu

- Jumat, 8 April 2022 | 20:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RAKYAT PRIANGAN- Peristiwa syahidnya Utsman bin Affan dan dibaiatnya Ali bin Abi Thalib merupakan salah satu kronik sejarah yang cukup rumit.

Namun, membaca literatur klasik seperti Tarikh Khulafa Imam As Suyuthi dengan literatur kontemporer seperti fi Sirah Utsman bin Affan karangan Syaikh Ali Muhammad Ash Shallabi bisa didapat titik temu.

Dalam kisah syahidnya Utsman, ada Muhammad bin Abu Bakar di dalamnya. Namun, sepertinya dia tidak tahu jika kedatangannya ke Madinah ternyata ada penumpang gelap: kelompok Abdullah bin Saba.

Muhammad bin Abu Bakar sedang melakukan perjalanan ke Mesir setelah diangkat oleh Khalifah Utsman sebagai gubernur menggantikan Abdullah bin Abi Sarah. Tapi, dia termakan oleh fitnah surat kaleng yang dinisbatkan kepada Sang Khalifah.

Akhirnya dia kembali ke Madinah bersama rombongannya. Dan inilah yang sebenarnya diinginkan oleh kelompok Ibnu Saba.

Kota Madinah genting. Rumah Utsman dikepung. Enam ribu orang pemberontak datang. Empat ribu dari Mesir, serta masing-masing seribu dari Kufah dan Bashrah.

Putra-putra sahabat diutus setiap ayahnya untuk menjaga rumah Utsman. Tetapi Utsman melarang mereka untuk melawan.

Muhammad bin Abu Bakar berusaha menerobos masuk rumah Utsman lewat atap rumah penduduk Madinah. Di belakangnya ada dua orang mengikuti yang tidak jelas siapa. Saat dia tinggal berhadapan dengan Utsman, sang Khalifah berkata, “Demi Allah, andaikata ayahmu melihat apa yang kamu lakukan kepadaku, niscaya dia tidak senang dengan sikapmu itu!”

Putra Abu Bakar itu mundur tanpa pernah menyentuh Utsman. Seketika dia menyadari kesalahannya dan segera bertobat. Tapi orang-orang yang dibelakangnya terlanjur masuk dan membuat Utsman syahid. Imam As Suyuthi menyebut nama Himar penduduk Mesir berkulit sawo matang yang membunuh Utsman. Sedangkan Ali Muhammad Ash Shallabi menyebut nama Ruman al Yamani sebagai penyebab syahidnya sang Khalifah.

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Sumber: Instagram @hdgumilang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X