• Senin, 15 Agustus 2022

5 Persiapan Menjelang Ramadhan yang Perlu Umat Islam Ketahui dan Amalkan

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 12:38 WIB
Illustrasi membaca doa berbuka puasa Ramadhan  (Tangkapan layar mohamed_hassan/ pixabay)
Illustrasi membaca doa berbuka puasa Ramadhan (Tangkapan layar mohamed_hassan/ pixabay)

RAKYAT PRIANGAN- Tinggal menghitung hari bulan Ramadhan akan tiba.

Suasana bulan Ramadhan sudah mulai terasa. Bahkan kerinduan umat muslim dengan datangnya bulan penuh keberkahan ini dipersiapkan dengan matang.

Lantas persiapan apa saja yang harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan.

Baca Juga: Resep Olahan Tahu Sederhana Untuk Stok Sahur Bersama Keluarga di Rumah

Menurut dosen Sejarah Peradaban Islam (SPI) STIABI Riyadul 'Ulum Condong Tasikmalaya, Deden Gumilang, M.Hum menerangkan ada 5 hal persiapan menjelang Ramadhan. Seperti, Ruhaniah, Jasmaniah, Amaliah, Pesakiah alis Keuangan.

1. Ruhaniah
Karena bulan Ramadhan yang merupakan bulan yang sangat diisitimewakan oleh Allah SWT dan Nabi bahkan dalam Al-Quran sudah menyebutkannya. Maka, yang harus dipersiapkan adalah kondisi titik ruhiah tertinggi.

"Ramadhan itu secara dasar itu membakar. Pada bulan Ramadhan ini kita harus mampu membersihkan diri dari aib, khilap, membakar dosa dan menghilangkan prasangka negatif dari diri manusia. Maka, bulan Ramadhan ini kawah candradimuka umat muslim untuk mengupgrade ruhani," ucapnya, Sabtu, 19 Maret 2022.

2. Jasmaniah
Puasa itu merupakan ibadah yang sangat membutuhkan fisik yang prima. Karena kita menahan makan minum dari terbit hingga tenggelam matahari. Jelas dibutuhkan titik jasmani tinggi.

"Maka ada terkecuali untuk orang yang sakit, safar untuk tidak berpuasa, karena orang yang melakukan perjalan itu memerlukan kekuatan fisik. Sehingga, kita harus mempersiapkan titik jasmani tertinggi pada bulan Ramadhan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X