Otak Pelaku Investasi Bodong di Tasikmalaya Berhasil Ditangkap Polres. Total Kerugian Hingga 10 Miliar!

- Kamis, 1 Desember 2022 | 22:11 WIB
Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery (republika.co.id)
Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery (republika.co.id)

RAKYAT PRIANGAN, Jawa Barat - Tersangka otak pelaku investasi bodong di Tasikmalaya akhirnya berhasil ditangkap Polres Tasikmalaya pada Kamis (1/12)

Tersangka berinisial WW (28) merupakan warga asal Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Polres Tasikmalaya, AKBP Suhardi Hery Heryanto mengatakan tersangka akan dikenakan pasal penipuan sampai pencucian uang dengan kemungkinan hukuman maksimal 20 tahun.

“Kami menerapkan pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang mengatur penipuan, serta pasal 3 Undang-undang Republik Indonesia nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara,” ungkap AKBP Suhardi dikutip dari TribunPriangan.com.

Baca Juga: Dongkrak Ekonomi Rakyat, UMKM Bangunharja Kembangkan Produk Olahan Pangan, Carikin: Go Pasar Nasional!

Diketahui, jumlah korban penipuan investasi bodong di Tasikmalaya ini berjumlah sekitar 600 orang dengan total kerugian mencapai Rp.10 miliar untuk transaksi belanja fiktif atau pinjaman online.

Sementara ttal kerugian untuk kasus penipuan deposito ditaksir mencapai Rp.2,3 miliar, diperkirakan dari sekitar 100 korban.

Suhardi juga menambahkan, WW telah melakukan praktik penipuan ini sejak Februari hingga November 2022.

Modus yang digunakan oleh WW adalah tipu muslihat dan iming-iming keuntungan tinggi serta rangkaian perkataan bohong hingga akhirnya korban mau berutang kepada aplikasi pinjaman online.

Halaman:

Editor: Tanti Yulianti

Sumber: Tribun Priangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X