• Kamis, 8 Desember 2022

Gunung Gede Disebut Penyebab Gempa Cianjur. Pakar Sebut Tak Ada Tanda-tanda Erupsi

- Rabu, 23 November 2022 | 06:38 WIB
Gunung Gede Pangrango.(Djoko Subinarto)
Gunung Gede Pangrango.(Djoko Subinarto)

RAKYAT PRIANGAN, Jawa Barat - Gunung Gede yang ada di Jawa Barat banyak disebut sebagai kemungkinan penyebab terjadinya gempa di Cianjur.

Namun pakar dari Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, Hendra Gunawan menyebutkan saat ini Gunung Gede masih berstatus level satu dan tidak menunjukkan tanda-tanda erupsi.

Hendra juga menyebutkan bahwa Gunung Gese belum menunjukkan kaitan dengan gempa Cianjur Magnitudo 5,6.

"Untuk status aktivitas Gunung Gede masih level satu atau normal," ujar Hendra Gunawan dalam konferensi pers secara daring di Jakarta pada Selasa (22/11), dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Hendra, berdasarkan sejarahnya, Gunung Gede akan memunculkan tanda-tanda krisis kegempaan setiap 20 tahun sekali walaupun tidak berlanjut ke level yang lebih tinggi.

Misalnya pernah terjadi tanda-tanda krisis kegempaan pada tahun 1950-an.

"Terlepas dari historisnya Gunung Gede ini pernah erupsi, baik terjadi aliran panas maupun aliran lava, tetapi dari beberapa waktu 100 atau 200 tahun terakhir belum ada peningkatan yang nyata," ujarnya.

Menurut data tersebut Hendra belum bisa dipastikan bahwa gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, disebabkan oleh aktivitas Gunung Gede.

Namun, berdasarkan data BMKG, sumber gempa berada di antara Cianjur dan Sukabumi atau tepatnya di lereng tenggara Gunung Gede.

Halaman:

Editor: Tanti Yulianti

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Terkini

X