• Senin, 15 Agustus 2022

DPD PPSI Kabupaten Ciamis Gelar Pertemuan dengan Perguruan Pencak Silat Untuk Membahas Ini

- Minggu, 26 Juni 2022 | 06:53 WIB
Musyawarah Kasepuhan Perguruan Pencak Silat DPD PPSI Kabupaten Ciamis (dok. DPD PPSI Kabupaten Ciamis)
Musyawarah Kasepuhan Perguruan Pencak Silat DPD PPSI Kabupaten Ciamis (dok. DPD PPSI Kabupaten Ciamis)

RAKYAT PRIANGAN, Berita Ciamis- Persatuan Pencak Silat Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis menggelar pertemuan.

Pertemuan tersebut digelar dengan mengupas berbagai persoalan yang kondisi pencak silat di tanah Galuh.

Hadir 16 perguruan pencak silat se Kabupaten Ciamis yang terdiri dari berbagai aliran pencak silat di Jawa Barat.

Ketua Umum DPD PPSI Kabupaten Ciamis, Abah Iman Purba menerangkan bahwa pertemuan tersebut merupakan agenda rutin yang sering dilakukan oleh organisasi.

Pada agenda pertemuan tersebut, seringkali membahasa isu strategis mengenai pelindungan, pelestarian dan pengembangan dari pencak silat.

"Kami sering berdiksuksi dengan para kasepuhan perguruan pencak silat untuk saling berbagi infomasi mengenai perkembangan situasai sosial masyarakat terutama," terangnya, Sabtu, 25 Juni 2022.

Dalam pertemuan kali ini lanjutnya, lebih membahasa bagaimana peran pemerintah dalam upaya pelindungan, pelestarian dan pengembangan warisan budaya tak benda dunia ini.

Maka, semua kasepuhan perguruan pencak silat bermaksud melaksanakan beberapa program pelestarian yang lebih mengedepankan nilai dari seorang jati diri para jawara.

"Kita ketahui, kondisi kebudayaan kita saat ini tengah mengalami degradasi. Untuk itu, salah satu benteng ketahanan kebudayaan Indonesia yang sampai saat ini masih lestari adalah pencak silat. Oleh sebab itulah, peran pemerintah harus hadir dalam pelindungan dan pelestarian pencak silat," jelasnya. ***

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X