• Senin, 15 Agustus 2022

Tahapan Pemilu Serentak 2024 Resmi Diluncurkan, Kota Banjar Siap Mengulang Sejarah Baik Tanpa Sengketa

- Rabu, 15 Juni 2022 | 08:57 WIB
Tahapan Pemilu Serentak 2024 telah diluncurkan, KPU Kota Banjar siap mengulang sejarah baik tanpa sengketa (Dok. Facebook Rudi Ilham)
Tahapan Pemilu Serentak 2024 telah diluncurkan, KPU Kota Banjar siap mengulang sejarah baik tanpa sengketa (Dok. Facebook Rudi Ilham)

RAKYAT PRIANGAN, Berita Banjar- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menggelar nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu Serentak 2024.

Ada beberapa tahapan yang diluncurkan pada tahapan kali ini salah satunya yakni penyususnan peraturan kepemiluan dan pendaftaran partai politik.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis menuturkan bahwa dari sejak bulan Juni hingga Desember mendatan akan dilakukan penyususunan peraturan pemilu. Selain itu, beriringan dengan pendaftaran dan verifikasi faktual partai politik.

Diadakanya peluncuran tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 ini merupakan penanda bahwa tahapan Pemilu sudah dimulai seiring terbitnya PKPU No 3 tahun 2022 tentang tahapan, program dan jadwal kegiatan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

"Saya berpandangan bahwa tidak ada kesuksesan tunggal dalam penyelenggaraan Pemilu, tetapi yang ada adalah kesuksesan manunggal yang itu artinya bahwa kesuksesan penyelenggaraan pemilu bersifat kolektif atas keterlibatan multi komponen yang bergerak dalam irama sinergi dan kolaborasi," kata dia.

Ia menambahkan yang lebih penting lagi adalah kekuatan partisipasi masyarakat merupakan kunci pentingnya kesuksesan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana tertuang dalam UU 7 Tahun 2017 pasal 448 ayat 1 bahwa Pemilihan Umum diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat.

Dani Danial Muhklis berharap, untuk ditingkat Kota Banjar, penyelenggaraan Pemilu berjalan sukses, aman, damai, lancar dan kondusif.

"Kita punya pengalaman berharga bagaimana kita secara bersama2 mengelola pemilu tahun 2019 yang lalu dimana Kota Banjar adalah satu-satunya Kota/Kabupaten di Jawa Barat yang tidak ada sengketa baik proses maupun hasil."

"Mudah-mudahan di tahun 2024 mendatang kita secara bersama-sama bisa mengulang kembali sejarah baik tersebut," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X