• Senin, 15 Agustus 2022

NGARAK PATAKA Simbol Semangat Pembangunan Warga Ciamis

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 20:08 WIB
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melepas pembawa bendera pataka dalam momentum NGARAK PATAKA hari jadi 380 Kabupaten Ciamis. (Nurhandoko/Pikiran-Rakyat.com)
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melepas pembawa bendera pataka dalam momentum NGARAK PATAKA hari jadi 380 Kabupaten Ciamis. (Nurhandoko/Pikiran-Rakyat.com)

RAKYAT PRIANGAN, Berita Ciamis- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melepas pembawa bendera Pataka di Pendopo Kabupaten Ciamis, Sabtu, 04 Juni 2022.

Pelepasan bendera pataka tersebut, simbol diawalinya NGARAK PATAKA ke lima eks kewedanaan sebagai rangkaian hari jadi 380 Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, NGARAK PATAKA tersebut dimaksudkan agar masyarakat Tatar Galuh Ciamis mengetahui lahirnya Kabupaten Ciamis yang jatuh pada 12 Juni.

Selain itu, NGARAK PATAKA hari jadi 380 Kabupaten Ciamis tersebut sebagai spirit semangat pembangunan masyarakat Ciamis.

“Tidak hanya sekedar ngarak pataka, akan tapi juga dimaksudkan agar masyarakat mengetahui hari lahir Ciamis ,12 Juni. Masih banyak yang belum tahu hari jadi Kab. Ciamis. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, masyarakat menjadi tahu,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, usai melepas rombongan pembawa pataka di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Sabtu 4 Juni 2022.

Kemudian, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia menerangkan NGARAK PATAK tersebut sudah dipersiapkan secara matang.

Sehingga NGARAK PATAKA tersebut akan singgah di lima eks kewedanaan. Seperti Pamarican, Rajadesa, Lumbung, Sukamantri, Cikoneng.

“Di setiap titik menginap semalam. Bersamaan dengan itu juga diisi dengan berbagai kegiatan kesenian. Bahkan juga bersamaan dengan digelarnya Hari Krida Pertanian. Jadi kegiatan ini sekaligus lebih mendekatkan diri pemerintah dengan masyarakat,” kata Budi.***

Diclaimer: artikel ini tayang sebelumnya di pikiran-rakyat.com berjudul Ngarak Pataka Saat Hari Jadi ke-380 Ciamis, Bupati: Banyak Masyarakat yang Belum Tahu

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X