• Jumat, 27 Mei 2022

Wabup Kuningan Gandeng PPSI Luncurkan Progam Pelastarian Pencak Silat, Berikut Pernyataannya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 13:44 WIB
Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda berfoto dengan seluruh ketua DPD PPSI se Jawa Barat (Rakyat Priangan)
Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda berfoto dengan seluruh ketua DPD PPSI se Jawa Barat (Rakyat Priangan)

RAKYAT PRIANGAN-Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda mengaku bangga seni tradisi Pencak Silat masih memiliki semangat untuk menjaga melindungi dan melestarikan warisan budaya Sunda.

Menurutnya ini harus menjadi spirit bersama untuk tetap menjaga eksistensi budaya Sunda di tanah legenda Jawa Barat.

Dalam sambutannya di acara pemilihan ketua DPW PPSI Jawa Barat yang digelar Minggu, 23 Januari 2022 dirinya secara langsung meminang DPD PPSI Kabupaten Kuningan untuk sinergis dan melakukan gerakan pelestarian Pencak Silat sampai tingkat pedesaan.

Baca Juga: Ketua Umum Adil Fadlillah Titipkan Amanah Trilogi PPSI, Ini Makna Filosofisnya

"Saya akan menginstruksikan kepada seluruh camat agar ruang publik di seluruh desa agar dapat digunakan untuk pelatihan Pencak Silat," terang dia.

Hal ini tebesit lanjut dia, bahwa Pencak Silat jangan sampai hanya sebatas nama dan para ahli silat kemudian diambil alih oleh bangsa asing.

"Kami tidak menerima Pencak Silat diklaim oleh bangsa asing. Hal yang lebih menyakitkan lagi yakni ketidaktahuan anak-anak terhadap Pencak Silat. Oleh sebab itu ini harus ada gerakan sinergis antara PPSI dan pemerintah," tegas dia.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan rasa bangga dengan dibentuknya DPW PPSI Jawa Barat di Kuningan. Dengan harapan PPSI bisa menjadi organisasi yang bergerak untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan Sunda terutama Pencak Silat.***

 

Halaman:

Editor: Syarif Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X